Beberapa Fakta Menarik Tentang jaringan 5G Yang Belum Diketahui

infodigitech.id - Jika menurut kalian jaringan 4G sudah sangat cepat. Maka kalian akan dibuat terkejut dengan kemunculan jaringan 5G yang lebih cebat dibandingkan jaringan 4G. Mari Kita simak Beberapa Fakta Menarik Tentang jaringan 5G Yang Belum Diketahui.


Jaringan 5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler meleibih standar 4G. Jaringan ini menggunakan pita frekuensi antara 20 Ghz dan 300 Ghz sehingga jaringan ini memungkinkan untuk bisa mentransmisikan data lebih cepat dan besar dari generasi sebelumnya.

Saat ini di indonesia belum ada pernyataan resmi kapan jaringan 5G ini bisa di nikmati oleh pengguna internet di Indonesia. Akan tetapi ada beberapa operator telekomunikasi di Indonesia saat ini tengah menyiapkan untuk menyambut jaringan tersebut.

1. Jaringan dengan kecepatan super.

Setiap inovasi baru yang dihadirkan pasti lebih baik dari sebelumnya. Termasuk juga jaringan 5G yang sudah ditunggu-tunggu oleh para pengguna internet. Kabar yang membuat kita sangat penasaran adalah, tentang kecepatan 5G yang seratus kali lebih cepat dibanding 4G.

Kita dapat bayangkan jika kecepatan daya unduh 4G di Amerika Serikat mencapai rata-rata 19,42 Mbps. maka kecepatan 5G bukan lagi dalam ukuran megabit atau Mbps, melainkan gigabit alias Gbps. Jika nanti hadir di indonesia kita bisa membayangkan dalam mengunduh file bergiga-giga hanya dalam hitungan detik.

2. Verizon operator pertama aktifkan 5G

Verizon adalah sebuah perusahaan telekomunikasi yang juga operator selular dengan yang telah resmi mengaktifkan jaringan 5G. Pengaktifan jaringan tersebut berlangsung di empat kota yakni Indianapolis, Houston, Sacramento dan Los Angeles.

Para pelanggan Verizon menikmati fasilitas jaringan 5G Home secara gratis pada tiga bulan pertama. Adapun biaya langganan per bulannya mencapai sekitar 50 dolar AS. Untuk kecepatan maksimal, jaringan 5G di Amerika saat diresmikan Verizon mencapai 1 Gbps yang bisa unduh 1 GB dalam satu detik.

3. Masalah Harga

Kita Mengetahui bahwa semakin cepat sebuah jaringan, semakin tinggi harga paket datanya. Ini juga berlaku untuk semua jaringan 5G. Untuk Kepastian harga paket data jika Jaringan 5G beroperasi, terutama di Indonesia di prediksi lumayan tinggi.
Soal harga memang masih bisa disesuaikan dengan jumlah pengguna. Jika penggunanya semakin banyak, dan perangkat yang mendukung maka harga biasanya akan semakin mereda.

4. Kapasitas yang juga lebih besar

Setelah kita dibuat takjub oleh kecepatan jaringan 5G ini. Hal yang membuat menarik lagi adalah kapasitas jaringan mobile yang bakal lebih banyak mendukung koneksi data dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Sebagai contoh, ketika Anda mengakses sebuah wifi di lokasi banyak orang, kemudian koneksi data Anda akan melambat. Nah, ini terjadi karena jaringan generasi sebelumnya atau 4G hanya mampu mendukung perangkat dengan jumlah tertentu saja. Sementara di jaringan 5G kapasitasnya akan lebih luas hingga jutaan perangkat per kilometer persegi.

5. Indosat uji coba jaringan

Salah satu Operator Telelkomunikasi di Indonesia yaitu Indosat ternyata tak mau kalah untuk mempersiapkan jaringan ini. Indosat sendiri telah melakukan uji coba jaringan 5G menggandeng Ericsson dengan kecepatan 244 kali lebih cepat dibandingkan dengan 4G.

Dalam tahap uji cobanya pertama kali, jaringan 5G berada di kisaran 22 Gbps atau jauh lebih cepat dibandingkan 4G yang maksimal dalam ukuran kecepatan 90 Mbps. Uji coba tersebut dilakukan pada frekuensi 28 Ghz dan spektrum 800 MHz.

Nah, itulah sekilas tentang Beberapa Fakta Menarik Tentang jaringan 5G Yang Belum Diketahui. Untuk Penggunaan jaringan 5G di Indonesia sendiri belum ada yang berani memastikan kapan jaringan yang ditunggu-tunggu tersebut akan bisa dinikmati oleh masyarakat.

1 Response to "Beberapa Fakta Menarik Tentang jaringan 5G Yang Belum Diketahui"

Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel