Begini Cara menghadapi Anak yang Ingin main Game PUBG

Gambar PUBG http://www.pubgmobile.com
infodigitech.id - Pada dasarnya Game harusnya memiliki batasan usia, sehingga anak-anak bisa bermain sesuai dengan usia mereka. Orangtua juga harus mengawasi game yang dimainkan oleh anak mereka, sehingga orang tua dapat mencegah anaknya mengakses game atau permainan yang ternyata mempunyai konten kekerasan maupun pornografi.
Game bukan hanya untuk orang dewasa, akan tetapi game juga populer di kalangan anak-anak, seperti salah satu game mobile online yaitu PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG). Banyak anak-anak yang memainkan PUBG meskipun usia mereka tidak memenuhi batas usia minimum.
Ketika Anda mendownload atau mengunduh sebuah game di Android maupun iOS,  sebenarnya game tersebut sudah diberikan rating batasan usia minimal untuk dapat memainkan game tersebut. Misalnya salah satu game yaitu Hopeless Land : Fight for Survival dari Hero Game, di platform Google Play Store ditandai untuk usia 12 tahun ke atas.

Sebagai orangtua seharusnya mempunyai strategi untuk menghadapi anak yang ingin main game. Orangtua harus memberikan pemahaman dan pembelajaran mengenai konten apa saja yang bisa diakses. Sebelum memberikan Smartpohne, ataupun tablet, kita sebagai orang tua harus buat peraturan. Untuk konten, apa yang boleh dan tidak boleh harus dijelaskan kepada anak.
Anak yang semakin bertambah dewasa, tidak bisa lagi dilarang tanpa memberi penjelasan. Salah satu cara efektif untuk memberi pemahaman dan penjelasan terhadap anak yakni dengan mengajaknya berdiskusi.
Berikan anak penjelasan untuk memahami dampak positif dan negatif dari game yang ingin dimainkannya, kemudian tanya pendapatnya tentang game tersebut.
Gambar dari http://gizitinggi.org
Apabila orangtua melarang bermain game karena tidak sesuai usianya, sediakan alternatif kegiatan yang lebih positif dan menyenangkan agar anak memiliki aktivitas selain bermain game. 

Kesalahan dari orangtua, terkadang mereka hanya bisa melarang, akan tapi, tidak memberikan alternatif kepada anaknya.
Sebagai orangtua hendaknya tidak gagap teknologi (Gaptek) dan harus tahu konten dan aplikasi apa saja yang terpasang di smartphone yang dimainkan anak.
Jika anak memiliki media sosial, usahakan memiliki akun juga di media sosial tersebut agar dapat melihat aktivitas anak.

0 Response to "Begini Cara menghadapi Anak yang Ingin main Game PUBG"

Post a Comment

Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel