Cara Mudah Install LAMP di Ubuntu Linux



infodigitech.id - Web Server adalah sebuah software yang memberikan layanan data berbasis web dan yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas file atau berkas yang terdapat pada suatu situs website dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi web browser seperti Opera, Mozilla Firefox, Google Chrome dan lain - lain.
Sebuah komputer dapat kita jadikan mesin web server yang handal jika kita install dan konfigurasi LAMP yang benar dan sesuai kebutuhan. Apa itu LAMP? LAMP merupakan istilah singkatan dari Linux, Apache, MySQL dan Perl/PHP/Phyton. Merupakan sebuah paket perangkat lunak bebas yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap.

Cara Instal LAMP di Ubuntu Linux

#install Apache Web Server
Menginstal Apache Web Server di Ubuntu Linux sangat mudah dan mudah diikuti bagi siapa saja yang tertarik untuk membuat localhost pada sistem untuk pengembangan. Sebelum itu kita akan mengenal dulu Apache secara singkat. Apache merupakan aplikasi web server paling populer, handal dan mudah untuk dikonfigurasi sehingga menjadi pilihan yang tepat jika ingin membangun web hosting. Apache merupakan server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi salah satunya adalah linux, yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP. Untuk Instalasinya bisa dilihat di Tutorial Cara Cepat Install Apache Web Server di Ubuntu Linux

#Instal MySQL di Ubuntu


MySQL bisa dianggap sebagai aplikasi sistem database paling populer di dunia. MYSQL juga merupakan aplikasi sistem manajemen database berbasis Opensource yang biasanya dipasang sebagai bagian dari Paket LAMP untuk Linux sedangkan XAMPP untuk Windows. Untuk Instalasi pemasangannya bisa dilihat di artikel Tutorial Cara Install MYSQL di Ubuntu Linux.

# Install PHP di Ubuntu
PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web. Kemudahan PHP sebagai bahaa pemrograman serta integrasi yang baik dengan berbagai database seperti MySQL menjadikan bahasa pemrograman salah satu pilihan favorit bagi banyak orang di dunia pengembangan web.
Untuk memasang PHP di Ubuntu Linux, bisa melalui Terminal Linux dengan mengetikkan Perintah 

#sudo apt-get install php libapache2-mod-php php-mcrypt php-mysql

Perintah ini akan menginstal PHP. Setelah itu kita akan melakukan konfigurasi pada apache agar pada saat kita melakukan request ke web server yang pertama kali dipanggil adalah file index.php.

#sudo nano /etc/apache2/mods-enabled/dir.conf

akan muncul seperti ini

DirectoryIndex index.html index.cgi index.pl index.php index.xhtml index.htm

Lalu ganti menjadi : 

DirectoryIndex index.php index.html index.cgi index.pl index.xhtml index.htm

Setelah itu tekan "Ctrl-X," kemudian simpan dan tutup file. Dengan mengetik, " Y ", lalu kam harus mengkonfirmasi penyimpanan. Kemudian tekan Enter untuk memastikan file menyimpan lokasi.


Kemudian, restart server web Apache diperlukan untuk mengenali perubahan yang dilakukan. Ketikkan perintah berikut untuk melakukan ini.  

# sudo systemctl restart apache2

Untuk memriksa status layanan apache2 dapat Menggunakan " systemctl," 

#sudo systemctl status apache2

2. Install Modul PHP
Untuk meningkatkan fungsionalitas Bahasa Pemrograman PHP, beberapa modul tambahan dapat diinstal. Untuk menggunakan opsi yang tersedia untuk pustaka dan modul PHP, hasil pencarian " apt-cache" menjadi " less" dapat dilakukan.

apt-cache search php- | less

akan tampil seperti ini

libnet-libidn-perl - Perl bindings for GNU Libidn
php-all-dev - package depending on all supported PHP development packages
php-cgi - server-side, HTML-embedded scripting language (CGI binary) (default)
php-cli - command-line interpreter for the PHP scripting language (default)
php-common - Common files for PHP packages
php-curl - CURL module for PHP [default]
php-dev - Files for PHP module development (default)
php-gd - GD module for PHP [default]
php-gmp - GMP module for PHP [default]
php-ldap - LDAP module for PHP [default]
php-mysql - MySQL module for PHP [default]
php-odbc - ODBC module for PHP [default]
...
Untuk Keluar tekan "q".
Untuk melihat deskripsi modul, ketikkan perintah:

apt-cache show modul_name

Misalnya, menggunakan perintah berikut, Anda dapat mengetahui fungsi modul “ php-cli ” 

apt-cache show php-cli

Untuk memasang modul, ketikkan perintah :

apt-get install Modul_name

Misalnya, untuk menginstal " php-cli ," gunakan perintah berikut.

sudo apt-get install php-cli

Sekarang Konfigurasi telah dilakukan. Admin harap Kamu bisa menginstal aplikasi LAMP di sistem Operasi Ubuntu yang kamu gunakan. Admin juga berharap tutorial ini tentang Cara Mudah Install LAMP di Ubuntu Linux cukup membantu. Jika demikian, luangkan waktu untuk membagikan konten ini di media sosial kamu. Dan jangan lupa untuk ketikkan saran dikolom komentar.

0 Response to "Cara Mudah Install LAMP di Ubuntu Linux"

Post a Comment

Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel